Pola Sirkulasi Ruang

Nama     : Angga Nugroho I.F
NPM      : 18090001
Prodi      : Teknik Arsitektur

SIRKULASI

    Sirkulasi atau yang sering kita sebut peredaran, ketika kita berbicara sirkulasi itu sangat penting sekali, kenapa? karena yang saya pelajari sekarang  adalah sirkulasi ruang arsitektur, arsitektur itu mempelajari ruang yang di tinggali manusia. jadi pola sirkulasi salah satu teori yang sangat penting sekali untuk kita masukan dalam merancang sebuah bangunan, sadar tidak sadar teori tersebut membentuk perilaku kita dalam keseharian kita, contoh sederhana kapan kita mendapatkan udara yang langsung, tidak mengunakan ac ataupun kipas angin. dan apa saja dampak kekita? yang seperti itu yang akan membentuk kita.

    Saya berharap kesadaran orang - orang terhadap pentingnya peran arsitek dalam arsitektur semakin berkembang.





JENIS-JENIS SIRKULASI


1. Pola sirkulasi linier

  Pola sirkulasi linear dapat dilihat degan ciri sebagai berikut : Pola sirkulasidapat berupa satu atau dua arah,polanya sangat sederhana,pencapaian mudah dan statis terhadap tapak. Jalur ini dapat berbentuk kurvalinear atau terpotong-potong, bersimpangan dengan jalur lain atau bercabang. 




   

pola sirkulasi linier
sumber : dk ching halaman 26




2. Pola sirkulasi radial

  Pola sirkulasi radial dapat dilihat degan ciri sebagai berikut : Memiliki pusat ruang, berkembang ke seluruh arah, sirkulasi tidak terlalu panjang,membutuhkan luasan tapak yang besar, hubungan antar ruang begitu erat. Pola radial memiliki jalur-jalur linier yang memanjang dari atau berakhir di sebuah titik pusat bersama, seperti menyebar dari
satu titik atau memusat ke satu titik.






pola sirkulasi radial
sumber : dk ching halaman 26


3.Pola sirkulasi spiral

   Pola sirkulasi spiral dapat dilihat degan ciri sebagai berikut : Suatu jalan
tunggal menerus yang berasal dan titik pusat, mengelilingi pusatnya dengan jarak yang berubah, jalur tunggal yang dimiliki menerus berawal dari sebuah titik pusat, bergerak melingkar atau berputar mengelilingi titik pusat tersebut , dan semakin lama semakin jauh dari titik pusat tersebut. 




pola sirkulasi spiral
sumber : dk ching halaman 26


4. Pola sirkulasi network

Pola sirkulasi network dapat dilihat degan ciri sebagai berikut :berkembang ke segala arah,dapat menyesuaikan dengan kondisi tapak, mengarah pada ruang yang dominan,tidak memiliki titik pusat ruang,tidak dapat dibentuk suatu pengakhiran, nework terdiri dari jalurjalur yang menghubungkan titik-titik yang terbentuk di dalam ruang.


  

pola sirkulasi network
sumber : dk ching halaman 26




KONSEP POLA RUANG

     Salah satu contoh kosep pola ruang pusat penjualan mobil ini menggunakan pola ruang dengan konsep radial dan digabung pola linear. Bangunan utama diduduki oleh fungsi showroom dan hall pameran, sedang ruang lain menyertai bangunan utama dengan orientasi bangunan lurus searah ruang utama. Pada sisi yang mengarah jalan orientasi bangunan terpecah dua arah, searah bangunan utama dan menghadap jalan raya.




Sebenarnya masih banyak sekali materi arsitektur pola sirkulasi ruang, tapi saya sudahin dulu materi pembelajaran kali ini. semoga bermafaat. terimakasih banyak.

Komentar

  1. Apa bedanya siklus udara dengan AC dan apa kegunaan dan manfaat masih masih pada bangunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas pertanyanya yg sangat bagus sekali, menurut yg saya pelajari sirkulasi udara dan ac beda sekali kpn? Kalau mengunakan sirkul, udara yg kita hirup langsung dari tumbuhan dan sangat baik bagi kesehatan dan kalau mengunakan ac, disini arsitek menganalisa contoh sederhana tentang penghemat energi, dan banyak yg lain. pengunaan ac dan ruang yg kurang keterbukaan itu sagat berpengaruh pada kesehat dan psikologi manusia. Kalau anda tinggal di perkotaan yg lahan nya sempit dan iklimnya panas. Kita bisa mengunakan metode yg lain, kalau anda pengen konsultasi bikin rumah boleh sama saya. Hehehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih banyak, sama2 bikin yg sebagus mungkin dan menarik.

      Hapus
  3. Lanjtkan sket nya yg lebih banyak

    BalasHapus
  4. Thanks gan infonya, menariq syekali 👍

    BalasHapus
  5. Tetap semangat menulis yahh,semoga semakin banyak tulisan-tulisan di blog ini

    BalasHapus
  6. Mantap memang karya abang satu ini pake gambar sket👌👍 luar biasa

    BalasHapus
  7. Luar biasa penjelasan anda bro .....
    Sangat bermanfaat bagi rekan2 yg membaja di blog ini. Lanjutkan dengan semangat .
    Salam Arsitektur

    BalasHapus
  8. semangat terus dalam berbagi ilmu👍
    Silahkan berkunjung di blog saya 😊

    https://rsucienomildaarchunrika.blogspot.com/2019/07/pencapaian-bangunan.html?m=1

    BalasHapus

Posting Komentar